Informasi Terbaru
Home / Informasi / Pelatihan Usg di Bandung

Pelatihan Usg di Bandung

Pelatihan Usg di Bandung memuat perihal perkembangan janin yang merupakan salah satu keajaiban alam ciptaan Tuhan, yang kini telah menjadi perhatian dalam dunia kedokteran. Dengan teknologi pencitraan kita dapat melihat perkembangan fisik dan fungsi organ janin. Dengan demikian riset mengungkapkan pengertian peranan janin pada implantasi, pengenalan ibu terhadap kehamilan, aspek immunologi, fungsi endokrin, nutrisi dan persalinan. Beberapa tahun terakhir ini, angka kematian dan kesakitan perinatal telah menurun secara signifikan, akan tetapi kematian janin antenatal masih merupakan masalah. Kematian janin tidak selalu pada kelompok kehamilan risiko tinggi, akan tetapi beberapa kematian tersebut terjadi pada kehamilan dengan risiko rendah bahkan normal.

Dalam Pelatihan Usg Bandung ini yang menjadi salah satu pokok pembahasan yaitu tujuan utama dalam perawatan antenatal yang merupakan perawatan untuk mengidentifikasi ibu hamil yang berisiko tinggi terjadinya gangguan pada buah kehamilannya. Terdapat berbagai macam peralatan/teknik untuk pengawasan janin ante/intrapartum diantaranya NST, OCT dan penilaian ultrasonik real time. Tetapi sayangnya mayoritas kelompok risiko rendah tidak dipantau oleh alat- alat pemantau elektronik janin atau ultrasonik selama periode antepartum. Disisi lain pemeriksaan hormonal sepertial estriol plasma, HPL serum terbukti kurang dapat dipercaya hasilnya dan tidak praktis untuk penapisan kehamilan risiko rendah maupun tinggi.

Beberapa istilah telah dipakai untuk menunjukkan lamanya kehamilan dan usia janin, yang memang berbeda. Usia gestasi yaitu lamanya amenore, dihitung dari hari pertama haid terakhir, suatu periode sebelum terjadi konsepsi, yaitu kira-kira 2 minggu sebelum ovulasi dan fertilasi, atau 3 minggu sebelum implantasi blastokis. Lamanya kehamilan rata-rata ialah 280 hari atau 40 minggu (91/3 bulan = 10x 28 hari) dihitung dari hari pertama haid terakhir tersebut sampai bayi lahir. Periode kehamilan sering dibagi 3 yaitu: trimester 1, 2 dan 3 mengingat adanya kejadian umum yang terjadi; misalnya abortus kebanyakan terjadi pada trimeser pertama, sedangkan kemungkinan hidup lebih besar bila kelahiran terjadi pada trimeser ketiga. Inilah yang bahan dasar kajian dalam Pelatihan Usg di Bandung.

About admin

Check Also

Info Pelatihan Usg Bidan

Info Pelatihan Usg Bidan yang ada di kota bandung berlokasi di Perum Manglayang Regency Blok …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *